SEKILAS INFO
: - Jumat, 07-05-2021
  • 1 tahun yang lalu / Sehubungan dengan intruksi Ibu Gubernur Provinsi Jawa Timur terkait wabah COVID-19, Maka SMK Anma mulai Tgl. 21/03/2020 kami nyatakan SISWA BELAJAR DIRUMAH MASING-MASING (Kecuali yang UNBK) dengan memanfaatkan media sosial seperti App. Google Classroom, atau grup whatsapp siswa sebagai media pembelajaran. Dan sekolah aktif kembali pada Tgl. 30/03/2020.
  • 1 tahun yang lalu / UKK SMK akan diselenggarakan Tgl. 31 Maret 2020. Bekerja sama dengan PT. Cipta Sarana Cendekia – Singosari Malang
  • 1 tahun yang lalu / SMK Anwarul Maarif adalah Satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan di Kec. Ambunten
LIBATKAN WALI, SMK ANWARUL MA’ARIF LAKSANAKAN UKK 2021

Sumenep- Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah kebijakan pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan di Indonesia pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Sesuai dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 1 Tahun 2021 Tentang Peniadaan Ujian Nasional dan Ujian Kesetaraan serta pelaksanaan Ujian sekolah dalam masa darurat penyebaran COVID-19, selain ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan peserta didik sekolah menengah kejuruan juga dapat mengikuti uji kompetensi keahlian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Dengan melibatkan Wali Siswa , SMK Anwarul Ma’arif laksanakan UKK pada hari Senin (05/04/2021), sebagai bentuk komitmen untuk meningkatkan kwalitas siswa sesuai jurusannya.

Turut hadir dari Cabang Dinas Pendidikan (CABDIN) wilayah Kabupaten Sumenep, Bapak Drs. Suparman, M.Pd yang juga Pengawas SMK Anwarul Ma’arif didampingi Bapak Sugianto.

Karena pademi, UKK tahun ini dilaksanakan secara Online “Beda dengan tahun-tahun lalu, seluruh siswa satu persatu diminta untuk mengerjakan soal sambil menjelaskan layaknya orang yang memberikan tutorial kemudian kami record.” Ungkap M. Zafradi Wagiono ST. Salah satu guru produktif di SMK Anwarul Ma’arif

Jamaatus Syuhur, SH. Selaku Kepala SMK Anwarul Ma’arif sangat menginginkan kwalitas siswa bisa dilihat langsung oleh wali siswa.  “Pelaksanaan UKK ini bertujuan untuk mengukur pencapaian kompetensi siswa pada level tertentu sesuai Kompetensi Keahlian yang ditempuh selama masa pembelajaran di SMK, makanya saya undang wali dari setiap siswa untuk bisa melihat secara langsung anaknya dalam mengerjakan soal-soal UKK. Ini sebagai bukti bahwa SMK Anwarul Ma’arif tidak pernah main-main dalam mendidik siswa.” Ungkapnya sambil menghisap rokok suryanya.

Selain itu, Kepala Program Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan (KAPROG TKJ), Yayuk Novita, S.Kom. berharap dengan adanya UKK ini, bisa mengingatkan siswa akan sangat pentingnya semua mata pelajaran yang telah dilalui dari kelas X sampai lulus  “Dengan dilaksanakan UKK siswa bisa mengetahui sejauh mana ilmu yang dipelajari untuk bekal dan bahan pertimbangan saat lulus sekolah dan mendukung dengan persyaratan masuk kerja di kantor, di dunia Usaha yang sesuai dengan minat dan jurusan siswa yang diampu selama dibangku SMK Anwarul ma’arif” ujarnya.

Ibu guru asal Ambunten Tengah itu juga menambahkan “Untuk meninjau kesiapan para siswa, sebelum pelaksanaan UKK, kami para guru produktif juga melaksanakan Pembekalan selama 1  minggu”.

(AAM)

 

TINGGALKAN KOMENTAR