SEKILAS INFO
: - Senin, 03-08-2020
  • 4 bulan yang lalu / Sehubungan dengan intruksi Ibu Gubernur Provinsi Jawa Timur terkait wabah COVID-19, Maka SMK Anma mulai Tgl. 21/03/2020 kami nyatakan SISWA BELAJAR DIRUMAH MASING-MASING (Kecuali yang UNBK) dengan memanfaatkan media sosial seperti App. Google Classroom, atau grup whatsapp siswa sebagai media pembelajaran. Dan sekolah aktif kembali pada Tgl. 30/03/2020.
  • 4 bulan yang lalu / UKK SMK akan diselenggarakan Tgl. 31 Maret 2020. Bekerja sama dengan PT. Cipta Sarana Cendekia – Singosari Malang
  • 4 bulan yang lalu / SMK Anwarul Maarif adalah Satu-satunya Sekolah Menengah Kejuruan di Kec. Ambunten
Panduan Google Classroom (Bagi Pengajar)

Classroom merupakan layanan online gratis untuk institusi pendidikan, lembaga non-profit, dan siapa pun yang memiliki Akun Google. Google Classroom memudahkan peserta pembelajaran dan pengajar agar tetap terhubung, baik di dalam maupun di luar kelas. Google Classroom adalah platform pembelajaran campuran yang dikembangkan oleh Google untuk institusi pendidikan yang bertujuan menyederhanakan pembuatan, pendistribusian dan penetapan tugas dengan cara tanpa kertas.

Layanan ini diperkenalkan sebagai fitur G Suite for Education pada tanggal 6 Mei 2014, diikuti oleh rilis publiknya pada tanggal 12 Agustus 2014. Pada bulan Juni 2015, Google mengumumkan API Kelas dan tombol berbagi untuk situs web, yang memungkinkan administrator institusi pendidikan dan pengembang untuk selanjutnya terlibat dengan Google Classroom. Pada bulan Maret 2017, Google membuka Kelas untuk mengizinkan pengguna Google pribadi masuk kelas tanpa persyaratan memiliki akun G Suite for Education, dan pada bulan April, dimungkinkan bagi pengguna Google pribadi untuk membuat dan mengajar kelas. Google Classroom menggabungkan Google Drive untuk pembuatan tugas dan distribusi file atau dokumen, Google Dokumen, Spreadsheet, dan Slide untuk menulis, Gmail untuk komunikasi, dan Google Kalender untuk penjadwalan, dan penelusuran Google untuk membantu proyek institusi pendidikan. Peserta pembelajaran dapat diajak ke kelas melalui database institusi, melalui kode pribadi, atau secara otomatis diimpor dari domain institusi pendidikan. Setiap kelas membuat folder terpisah di Drive pengguna masing-masing, di mana peserta pembelajaran dapat mengirimkan karya untuk dinilai oleh seorang pengajar. Aplikasi seluler ,tersedia untuk perangkat berbasis iOS dan Android, pengguna bisa memanfaatkan melakukan berbagai aktifitas seperti mengambil foto dan melampirkan tugas, berbagi file dari aplikasi lain, dan mengakses informasi secara offline. Pengajar dapat memantau kemajuan setiap peserta pembelajaran, dan setelah dinilai, pengajar dapat kembali bekerja, dengan komentar, agar peserta pembelajaran merevisi dan memperbaiki tugas. Pengajar dapat memposting pengumuman ke ruang kelas yang telah dibuat, dan peserta pembelajaran bisa berinteraksi dengan menuliskan komentar.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu dilakukan pengajar atau instruktur untuk memulai pembelajaran menggunakan Google Classroom

  • Membuat Kelas Baru

Buka alamat : https://classroom.google.com dan login dengan user dan password akun Google pribadi Anda atau akun Google Suite For Education Institusi pendidikan/lembaga Anda.

” alt=”” aria-hidden=”true” />classroom1

Buatlah Kelas denan  klik tanda + pada bagian pojok kanan atas dan create class. Berilah nama kelas yang akan dibuat dan tekan create

” alt=”” aria-hidden=”true” />classroom2

Jika sudah selesai akan muncul halaman utama/beranda kelas yang dibuat.

” alt=”” aria-hidden=”true” />classroom3

  • Menambahkan Peserta pembelajaran

Untuk menambahkan peserta pembelajaran, pilih dan klik menu Student  pada halaman utama. Ada dua pilihan cara menambahkan peserta pembelajaran : 1. Mengunakan Kode kelas (nomer satu) 2. Menggunakan undangan (nomer dua)

” alt=”” aria-hidden=”true” />classroom4

  1. Jika menggunakan Kode kelas, maka kode kelas tersebut harus diberikan pada peserta pembelajaran agar dimasukkan sendiri oleh mereka saat membuka dasbord google Classroom sehingga tergabung dengan kelas yang kita ciptakan sebelumnya.
  2. Jika menggunakan undangan/ Invite Student sebelumnya kita harus memiliki Nama akun atau email peserta pembelajaran untuk ditambahkan satu persatu pada daftar undangan, dan peserta pembelajaran akan mendapatkan pemberitahuan bahwa telah diundang untuk bergabung paa kelas yang muncul pada dasbord Google Classroom maupu pada email masing-masing. Jika peserta pembelajaran peserta pembelajaran sudah tergabung maka akan mucul daftar nama peserta pembelajaran pada tab student google classroom kita
  • Membuat Konten Pada Google Classroom

Pilih dan klik stream dan pada bagian pojok kiri bawah arahkan kursor pada tanda + sehingga muncul berbagai pilihan aktivitas yang bisa dilakukan.

 

” alt=”” aria-hidden=”true” />classroom5

Membuat Pengumuman (Create Announcement)

Untuk membuat pengumuman atau sekedar berinteraksi dengan peserta pembelajaran, pilih create announcement. Maka akan dimunculkan jendela pengisian pengumuman

” alt=”” aria-hidden=”true” />classroom6

Pada jendela announcement kita bisa mengisikan siapa saja yang menerima pengumuman, isi pengumuman, topik. Kita juga dapat menautkan halaman web site atau lampiran media/file dari google drive. Selanjutnya dipilih aksi : Post untuk menerbitkan pengumuman, Schedule untuk mengatur jadwal terbit pengumuman, atau Save draf untuk menyimpan rancangan pengumuman sebelum diterbitkan.

Membuat Tugas (Create assignment)

Untuk membuat tugas , sebelumnya harus dipersiapkan file bisa berupa gambar, dokumen, video dan lain-lain yang berisi intruksi tentang apa yang harus dilakukan oleh peserta pembelajaran.

” alt=”” aria-hidden=”true” />classroom7

Setelah tugas diterbitkan,  pengajar dapat memeriksa progres mahasiswa yang sudah mengerjakan dan belum mengerjakan. Untuk memeriksa tugas, klik pada peserta pembelajaran yang sudah mengerjakan tugas, selanjutnya akan ditampilkan tab Student Work, pengajar dapat mereview pekerjaan peserta dari tab ini.

” alt=”” aria-hidden=”true” />classroom8

Membuat Pertanyaan/Quiz (Create Question)

Untuk membuat pertanyaan pilih create question, ada dua jenis pilihan soal yaitu soal essay dengan jawaban singkat (short answer) dan soal pilihan ganda (multiple choice)

” alt=”” aria-hidden=”true” />classroom9

Progress pengerjaan soal pun bisa kita pantau, siapa saja yang sudah mengerjakan dan siapa saja yang belum mengerjakan soal tersebut beserta jawaban mereka. Setelah tugas masuk, kita dapat mengoreksinya dan memberikan skor atas soal yang telah dijawab.

Menggunakan kembali aktivitas (Reuse Post)

Untuk menggunakan kembali aktivitas pembelajaran seperti menyampaikan pengumuman, membuat tugas dan membuat pertanyaan di  Google Classroom dari satu kelas ke kelas yang lain, kita bisa menggunakan menu Reuse Post.

TINGGALKAN KOMENTAR